MADRSASAH TSANAWIYAH CISARUA GIRANG MENERIMA SISWA BARU, UNTUK TAHUN PELAJARAN 2012/2013

KURIKULUM

KERANGKA DASAR, STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM

SERTA BEBAN BELAJAR

MTs. CISARUA GIRANG KECAMATAN SUKABUMI KABUPATEN SUKABUMI



A.    Kerangka Dasar Kurikulum
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 6 ayat (1) menyatakan bahwa kurikulum untuk jenis pendidikan umum dan kejuruan khusus pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas komponen mata pelajaran, komponen muatan lokal dan komponen pengembangan diri.
1.    Komponen Mata Pelajaran.
·           Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia 
Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT serta berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti atau moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama.
·           Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian
Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran dan wawasan peserta didik akan status, hak, dan kewajibanya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta peningkatan kualitas dirinya sebagai manusia.
Kesadaran dan wawasan termasuk wawasan kebangsaan, jiwa dan patriotisme bela negara, penghargaan terhadap hak-hak asasi manusia, kemajemukan bangsa, pelestarian lingkungan hidup, kesetaraan gender, demokrasi, tanggungjawab sosial ketaatan kepada hukum, ketaatan membayar pajak, dan sikap serta perilaku anti korupsi, kolusi dan nepotisme.
·           Kelompok mata pelajaran  ilmu pengetahuan dan teknologi
Kelompok mata pelajaran  ilmu pengetahuan dan teknologi dimaksudkan untuk memperoleh kompetensi dasar ilmu pengetahuan dan teknologi serta membudayakan berpikir secara ilmiah, kritis dan mandiri.
·           Kelompok mata pelajaran estetika
Kelompok mata pelajaran estetika dimaksudkan untuk meningkatkan sensitivisme, kemampuan mengekspresikan dan kemampuan mengapresiasi keindahan dan harmoni. Kemampuan mengapresiasi dan mengekspresikan keindahan dan harmoni mencakup apresiasi dan ekspresi, baik dalam kehidupan individual sehingga mampu menikmati dan mensyukuri hidup, maupun dalam kehidupan kemasyarakatan sehingga mampu menciptakan kebersamaan yang harmonis.
·           Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan
Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan dimaksudkan untuk meningkatkan potensi fisik serta membudayakan sportifitas dan kesadaran hidup sehat. Budaya hidup sehat termasuk kesadaran, sikap, dan perilaku hidup hidup sehat yang bersifat individual maupun yang bersifat kolektif kemasyarakatan seperti keterbatasan dari perilaku seksual bebas, kacanduan HIV, AIDS, demam berdarah, muntaber, dan penyakit lain yang potensial untuk wabah.
Disadur dari Permendiknas Nomor 22 tentang standar isiu (Kerangka dasar Dan Struktur Kurikulum)

2.                Komponen Muatan Lokal.
Muatan lokal dimaksudkan untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas madrasah bdan potensi daerah, termasuk keunggulan daerah, yang materinya tidak dapat dimasukan ke dalam mata pelajaran yang ada.
(dikembangkan oleh madrasah sesuai dengan potensi masing-masing).

3.    Komponen Pengembangan Diri.
Pengembangan diri dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat, setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah.

B.     Struktur Kurikulum
Struktur kurikulum merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Kedalaman muatan kurikulum pada setiap mata pelajaran pada setiap satuan pendidikan dituangkan dalam kompetensi yang harus dikuasai peserta didik sesuai dengan beban belajar yang tercantum dalam struktur kurikulum. Kompetensi yang dimaksud terdiri atas standar kompetensi dan kompetensi dasar yang
Struktur kurikulum MTs. Cisarua Girang Kecamatan Sukabumi Kabupaten Sukabumi meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama tiga tahun mulai Kelas VII sampai dengan Kelas IX. Struktur kurikulum disusun berdasarkan standar kompetensi lulusan dan standar kompetensi mata pelajaran dengan ketentuan sebagai berikut.
1.    Kurikulum MTs. Cisarua Girang Kecamatan Sukabumi Kabupaten Sukabumi memuat 10 mata pelajaran Umum, 4 mata pelajaran agama, muatan lokal, dan pengembangan diri seperti tertera pada Tabel 3.
2.    Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, termasuk keunggulan daerah, yang materinya tidak dapat dikelompokkan ke dalam mata pelajaran yang ada. Substansi muatan lokal ditentukan oleh satuan pendidikan.
3.    Pengembangan diri bukan merupakan mata pelajaran yang harus diasuh oleh guru. Pengembangan diri bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah. Kegiatan pengembangan diri difasilitasi dan atau dibimbing oleh konselor, guru, atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan pengembangan diri dilakukan melalui kegiatan pelayanan konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan sosial, belajar, dan pengembangan karir peserta didik.
4.    Substansi mata pelajaran IPA dan IPS pada MTs. Cisarua Girang Kecamatan Sukabumi Kabupaten Sukabumi merupakan “IPA Terpadu” dan “IPS Terpadu”.
5.    Jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran dialokasikan  sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum. Satuan pendidikan dimungkinkan menambah maksimum empat jam pembelajaran per minggu secara keseluruhan.
6.    Alokasi waktu satu jam  pembelajaran adalah 40 menit.
7.    Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran (dua semester) adalah 34-38 minggu.


1.    KOMPONEN MATA PELAJARAN.
a.         Pendidikan Agama Islam.

1)   Al Qur’an Hadits

Mata pelajaran qur’an hadis pada Madrasah Tsanawiyah memiliki tiga karakteristik yaitu:
a.    Membaca (menulis) yang merupakan unsur penerapan ilmu tajwid
b.    Menterjemahkan makna (tafsiran) yang merupakan pemahaman, interpretasi ayat dan Hadits dalam memperkaya khazanah intelektual
c.    Menerapkan isi kandungan ayat/hadits yang merupakan unsur pengamalan nyata dalam kehidupan sehari-hari.
Secara fungsional pelajaran Al-Qur’an Hadis memiliki fungsi sebagai berikut:
a.    Pengajaran, yaitu penyampaian ilmu pengetahuan yang merupakan informasi dan pesan-pesan Al-Qur’an Hadis tentang berbagai disiplin ilmu pengetahuan.
b.    Sumber nilai,pengajaran Qur’an Hadis dapat melandasi nilai sikap, nilai keyakinan dan akhlak untuk terbentuknya insan yang utuh dalam rangka mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat kelak.
c.    Sumber motivasi, memberikan dorongan dan semangat yang kuat dalam beramal dan lebih meyakini akan makna perbuatan yang dilakukannya
d.   pengembangan, yaitu pengembangan daya pikir dan nalar peserta didik melalui proses pendidikannya (membaca, menghafal dan menterjemahkan Al-Qur’an dan Hadits, sehingga dapat dikembangkan lebih lanjut daya nalar dan kemampuan sesuai dengan  tingkat perkembangannya.
e.    Perbaikan, yaitu dapat memberikan kesadaran dan kecerdasan dalam memperbaiki kesalahan-kesalahan dalam  keyakinan, pemahaman dan pengamalan  ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari.
f.     Pencegahan, yaitu dapat memberikan kekuatan dan kemantapan diri dalam mencegah segala hal yang datang dari berbagai sisi kehidupannya  yang dapat membahayakan dan menghambat peserta didik dalam perkembangannya menuju keimanan dan ketaqwaan
g.    Pembiasaan, yaitu pemahaman ilmu pengetahuan, penanaman dan pengembangan nilai-nilai Al-Qur’an dalam konteks lingkungan fisik dan sosial.

2)   Aqidah Akhlak

Mata pelajaran Aqidah Akhlaq bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan keimanan peserta didik yang diwujudkan dalam akhlaknya yang terpuji, melalui pemberian dan pemupukan pengetahuan, penghayatan, pengamalan serta pengamalan peserta didik tentang Aqidah dan Akhlaq Islam, sehingga menjadi manusia muslim yan terus berkembang dan meningkat kualitas keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT, serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, serta untuk dapat melanjutkan pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
Ruang lingkup kurikulum Pendidikan Aqidah Akhlaq di MTs. Cisarua Girang Kecamatan Sukabumi Kabupaten Sukabumi meliputi:
-  Aspek aqidah terdiri atas keimanan kepada sifat Wajib, Mustahil dan Jaiz Allah, keimanan kepada kitab Allah, Rasul Allah, sifat-sifat dan Mu’jizat-Nya dan Hari Akhir.
-  Aspek akhlaq terpuji yang terdiri atas khauf, taubat, tawadlu, ikhlas, bertauhid, inovatif, kreatif, percaya diri, tekad yang kuat, ta’aruf, ta’awun, tafahum, tasamuh, jujur, adil, amanah, menepati janji dan bermusyawarah.
-  Aspek akhlaq tercela meliputi kufur, syirik, munafik, namimah dan ghibah.

3)   Fiqh

Pembelajaran Fiqih di MTs. Cisarua Girang Kecamatan Sukabumi Kabupaten Sukabumi bertujuan untuk membekali peserta didik agar dapat: (1) mengetahui dan memahami pokok-pokok hukum Islam secara terperinci dan menyeluruh, baik berupa dalil naqli dan aqli. Pengetahuan dan pemahaman tersebut diharapkan menjadi pedoman hidup dalam kehidupan dan sosial. (2) Melaksanakan dan mengamalkan ketentuan hukum Islam dengan benar. Pengalaman tersebut diharapkan menumbuhkan ketaatan menjalankan hukum Islam, disiplin dan tanggung jawab sosial yang tinggi dalam kehidupan pribadi maupun sosial.
Ruang lingkup Fiqih di MTs. Cisarua Girang Kecamatan Sukabumi Kabupaten Sukabumi meliputi keserasian, keselarasan, dan keseimbangan antara:
Ø Hubungan manusia dengan Allah Swt.
Ø Hubungan manusia dengan sesama manusia, dan
Ø Hubungan manusia dengan alam (selain manusia) dan lingkungan.
Adapun ruang lingkup mata pelajaran Fiqih di  MTs. Cisarua Girang Kecamatan Sukabumi Kabupaten Sukabumi terfokus pada aspek:
Ø Fiqih Ibadah
Ø Fiqih Muamalah
Ø Fiqih Jinayah
Ø Fiqih Siyasah
Ø Munakahah

4)   Sejarah Kebudayaan Islam

Mata Pelajaran SKI di  MTs. Cisarua Girang Kecamatan Sukabumi Kabupaten Sukabumi bertujuan untuk :
a.        Memberian pengetahuan tentang sejarah Agama Islam dan kebudayaan Islam kepada para peserta didik, agar memiliki data yang objektif dan sistematis tentang sejarah.
b.       Mengapresiasi dan mengambil ibrah, nilai dan makna yang terdapat dalam sejarah.
c.        Menanamkan penghayatan dan kemauan yang kuat untuk mengamalkan nilai-nilai Islam berdasarkan cermatan atas fakta sejarah yang ada.
d.       Membekali peserta didik untuk membentuk kepribadiannya melalui imitasi terhadap tokoh-tokoh teladan sehingga terbentuk kepribadian yang (luhur)
Ruang lingkup Mata Pelajaran SKI di  MTs. Cisarua Girang Kecamatan Sukabumi Kabupaten Sukabumi meliputi sejarah perkembangan ilmu agama, sains dan teknologi dalam Islam. Aktor sejarah yang diangkat tidak saja Nabi, sahabat dan raja, tetapi akan dilengkapi ulama, intelektual dan filosof pada masa Dinasti Umayah, Abbasiyah dan al­ Ayubiyah

5)   Bahasa Arab

Mata Pelajaran Bahasa Arab di MTs. Cisarua Girang Kecamatan Sukabumi Kabupaten Sukabumi bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.         Mengembangkan kompetensi berkomunikasi dalam bentuk lisan dan tertulis untuk mencapai tingkat literasi functional  
2.         Memiliki kesadaran tentang hakikat dan pentingnya bahasa Arab untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam masyarakat global
3.         Mengembangkan  pemahaman peserta didik tentang keterkaitan antara bahasa dengan budaya.
Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Arab di MTs. Cisarua Girang Kecamatan Sukabumi Kabupaten Sukabumi meliputi:
1.        kemampuan berwacana, yakni kemampuan memahami dan/atau menghasilkan teks lisan dan/atau tulis yang direalisasikan dalam empat keterampilan berbahasa, yakni mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis secara terpadu untuk mencapai tingkat literasi functional;
2.        kemampuan memahami dan menciptakan berbagai teks fungsional pendek dan monolog serta esei berbentuk procedure, descriptive, recount, narrative, dan report. Gradasi bahan ajar tampak dalam penggunaan kosa kata, tata bahasa, dan langkah-langkah retorika;
3.        kompetensi pendukung, yakni kompetensi linguistik (menggunakan tata bahasa dan kosa kata, tata bunyi, tata tulis), kompetensi sosiokultural (menggunakan ungkapan dan tindak bahasa secara berterima dalam berbagai konteks komunikasi), kompetensi strategi (mengatasi masalah yang timbul dalam proses komunikasi dengan berbagai cara agar komunikasi tetap berlangsung), dan kompetensi pembentuk wacana (menggunakan piranti pembentuk wacana)

b.      Pendidikan Kewarganegaraan.
Mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada  MTs. Cisarua Girang Kecamatan Sukabumi Kabupaten Sukabumi bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.        Berpikir secara kritis, rasional, dan kreatif dalam menanggapi isu kewarganegaraan
2.        Berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab, dan bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta anti-korupsi
3.        Berkembang secara positif dan demokratis untuk membentuk diri berdasarkan karakter-karakter masyarakat Indonesia agar dapat hidup bersama dengan bangsa-bangsa lainnya
4.        Berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain dalam percaturan dunia secara langsung atau tidak langsung dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi
Adapun ruang lingkup mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada MTs. Cisarua Girang Kecamatan Sukabumi Kabupaten Sukabumi meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1.        Persatuan dan Kesatuan bangsa, meliputi: Hidup rukun dalam perbedaan, Cinta lingkungan, Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia, Sumpah Pemuda, Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Partisipasi dalam pembelaan negara,  Sikap positif terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia, Keterbukaan dan jaminan keadilan
2.        Norma, hukum dan peraturan, meliputi:  Tertib dalam kehidupan keluarga, Tata tertib di sekolah, Norma yang berlaku di masyarakat, Peraturan-peraturan daerah, Norma-norma dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, Sistim hukum  dan peradilan nasional, Hukum dan peradilan internasional
3.        Hak asasi manusia meliputi: Hak dan kewajiban anak,  Hak dan kewajiban anggota masyarakat, Instrumen nasional dan internasional HAM, Pemajuan, penghormatan dan perlindungan HAM
4.        Kebutuhan  warga negara meliputi: Hidup gotong royong, Harga diri sebagai warga masyarakat, Kebebasan berorganisasi, Kemerdekaan mengeluarkan pendapat, Menghargai keputusan bersama, Prestasi diri, Persamaan kedudukan warga negara
5.        Konstitusi Negara meliputi: Proklamasi kemerdekaan dan konstitusi yang pertama,  Konstitusi-konstitusi yang pernah digunakan di  Indonesia, Hubungan dasar negara dengan konstitusi
6.        Kekuasan dan Politik, meliputi: Pemerintahan desa dan kecamatan, Pemerintahan daerah dan otonomi, Pemerintah pusat,  Demokrasi dan sistem politik, Budaya politik, Budaya demokrasi menuju masyarakat madani, Sistem pemerintahan, Pers dalam masyarakat demokrasi
7.        Pancasila meliputi: kedudukan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara, Proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara, Pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, Pancasila sebagai ideologi terbuka.
8.        Globalisasi meliputi: Globalisasi di lingkungannya, Politik luar negeri Indonesia di era globalisasi, Dampak globalisasi, Hubungan internasional dan organisasi internasional,  dan Mengevaluasi globalisasi.

c.       Bahasa Indonesia.
Mata pelajaran Bahasa Indonesia di MTs. Cisarua Girang Kecamatan Sukabumi Kabupaten Sukabumi bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
1.        Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis
2.        Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara
3.        Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan
4.        Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan  intelektual, serta kematangan emosional dan sosial
5.        Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa
6.        Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.
Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Indonesia mencakup komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1.        Mendengarkan
2.        Berbicara
3.        Membaca
4.        Menulis.

d.      Bahasa Inggris
Mata Pelajaran Bahasa Inggris di MTs. Cisarua Girang Kecamatan Sukabumi Kabupaten Sukabumi bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
1.        Mengembangkan kompetensi berkomunikasi dalam bentuk lisan dan tulis untuk mencapai tingkat literasi functional  
2.        Memiliki kesadaran tentang hakikat dan pentingnya bahasa Inggris untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam masyarakat global
3.        Mengembangkan  pemahaman peserta didik tentang keterkaitan antara bahasa dengan budaya.
Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Inggris di MTs. Cisarua Girang Kecamatan Sukabumi Kabupaten Sukabumi meliputi:
1.        kemampuan berwacana, yakni kemampuan memahami dan/atau menghasilkan teks lisan dan/atau tulis yang direalisasikan dalam empat keterampilan berbahasa, yakni mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis secara terpadu untuk mencapai tingkat literasi functional;
2.        kemampuan memahami dan menciptakan berbagai teks fungsional pendek dan monolog serta esei berbentuk procedure, descriptive, recount, narrative, dan report. Gradasi bahan ajar tampak dalam penggunaan kosa kata, tata bahasa, dan langkah-langkah retorika;
3.        kompetensi pendukung, yakni kompetensi linguistik (menggunakan tata bahasa dan kosa kata, tata bunyi, tata tulis), kompetensi sosiokultural (menggunakan ungkapan dan tindak bahasa secara berterima dalam berbagai konteks komunikasi), kompetensi strategi (mengatasi masalah yang timbul dalam proses komunikasi dengan berbagai cara agar komunikasi tetap berlangsung), dan kompetensi pembentuk wacana (menggunakan piranti pembentuk wacana)

e.       Matematika
Mata pelajaran matematika di  MTs. Cisarua Girang Kecamatan Sukabumi Kabupaten Sukabumi bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.        Memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antarkonsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma, secara luwes, akurat, efisien, dan tepat, dalam pemecahan masalah
2.        Menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan  matematika
3.        Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh
4.        Mengomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah
5.        Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah.
Mata pelajaran Matematika di  MTs. Cisarua Girang Kecamatan Sukabumi Kabupaten Sukabumi meliputi aspek-aspek sebagai berikut:
1.        Bilangan
2.        Aljabar
3.        Geometri dan Pengukuran
4.        Statistika dan Peluang

f.       IPA
Mata pelajaran IPA di MTs. Cisarua Girang Kecamatan Sukabumi Kabupaten Sukabumi bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
1.        Meningkatkan keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan, keindahan dan keteraturan alam ciptaanNya
2.        Mengembangkan pemahaman tentang berbagai macam gejala alam, konsep dan prinsip IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari
3.        Mengembangkan rasa ingin tahu, sikap positif, dan kesadaran terhadap adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA, lingkungan, teknologi, dan masyarakat
4.        Melakukan inkuiri ilmiah untuk menumbuhkan kemampuan berpikir, bersikap dan bertindak  ilmiah serta berkomunikasi
5.        Meningkatkan kesadaran untuk berperanserta dalam memelihara, menjaga, dan melestarikan lingkungan serta sumber daya alam
6.        Meningkatkan kesadaran untuk menghargai alam dan segala keteraturannya sebagai salah satu ciptaan Tuhan
7.        Meningkatkan pengetahuan, konsep, dan keterampilan IPA sebagai dasar  untuk melanjutkan pendidikan  ke jenjang selanjutnya.
Bahan kajian/ruang lingkup IPA untuk. MTs. Cisarua Girang Kecamatan Sukabumi Kabupaten Sukabumi merupakan kelanjutan bahan kajian IPA SD/MI meliputi aspek-aspek sebagai berikut:
1.        Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
2.        Materi dan Sifatnya
3.        Energi dan Perubahannya
4.        Bumi dan Alam Semesta

g.      IPS
Mata pelajaran IPS di MTs. Cisarua Girang Kecamatan Sukabumi Kabupaten Sukabumi bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
1.        Mengenal  konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan  masyarakat dan lingkungannya
2.        Memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu,  inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial
3.        Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan
4.        Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk, di tingkat lokal, nasional, dan global.
Ruang lingkup mata pelajaran IPS di  MTs. Cisarua Girang Kecamatan Sukabumi Kabupaten Sukabumi meliputi aspek-aspek sebagai berikut:
1.        Manusia, Tempat, dan Lingkungan 
2.        Waktu, Keberlanjutan, dan Perubahan
3.        Sistem Sosial dan Budaya
4.        Perilaku Ekonomi dan Kesejahteraan

h.      Seni Budaya
Mata pelajaran Seni Budaya di MTs. Cisarua Girang Kecamatan Sukabumi Kabupaten Sukabumi bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
1.        Memahami konsep dan pentingnya seni budaya
2.        Menampilkan sikap apresiasi terhadap seni budaya
3.        Menampilkan kreativitas melalui seni budaya
4.        Menampilkan peran serta dalam seni budaya tingkat lokal,regional,maupun global.

i.        Ketrampilan
Mata pelajaran Keterampilan di MTs. Cisarua Girang Kecamatan Sukabumi Kabupaten Sukabumi bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.        Mampu mengembangkan pengetahuan dan keterampilan membuat berbagai produk kerajinan dan produk teknologi yang berguna bagi kehidupan manusia
2.        Memiliki rasa estetika, apresiasi terhadap produk kerajinan, produk teknologi, dan artefak dari berbagai wilayah Nusantara maupun dunia
3.        Mampu mengidentifikasi potensi daerah setempat yang dapat dikembangkan melalui kegiatan kerajinan dan pemanfaatan teknologi sederhana.
4.        Memiliki sikap profesional dan kewirausahaan
Mata pelajaran Keterampilan pada  MTs. Cisarua Girang Kecamatan Sukabumi Kabupaten Sukabumi meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1.        Keterampilan kerajinan
2.        Pemanfaatan teknologi sederhana yang meliputi teknologi rekayasa, teknologi budidaya dan teknologi pengolahan
3.        Kewirausahaan.
Struktur pengetahuan dalam mata pelajaran Keterampilan pada  MTs. Cisarua Girang Kecamatan Sukabumi Kabupaten Sukabumi terdiri dari jenis, bentuk, cara kerja dan fungsi kerajinan dan teknologi. Pembelajaran mata pelajaran ini berintegrasi dengan pengetahuan yang telah diperoleh peserta didik dalam matapelajaran lain.

j.        Penjaskes
Mata pelajaran Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di MTs. Cisarua Girang Kecamatan Sukabumi Kabupaten Sukabumi bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
1.        Mengembangkan keterampilan pengelolaan diri dalam upaya pengembangan dan pemeliharaan kebugaran jasmani serta pola hidup sehat melalui berbagai aktivitas jasmani dan olahraga yang terpilih
2.        Meningkatkan pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik.
3.        Meningkatkan kemampuan dan keterampilan gerak dasar
4.        Meletakkan landasan karakter moral yang kuat melalui internalisasi nilai-nilai yang terkandung di dalam pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan
5.        Mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggungjawab, kerjasama, percaya diri dan demokratis
6.        Mengembangkan keterampilan untuk menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain dan lingkungan
7.        Memahami konsep aktivitas jasmani dan olahraga di lingkungan yang bersih sebagai informasi untuk mencapai pertumbuhan fisik yang sempurna, pola hidup sehat dan kebugaran, terampil, serta memiliki sikap yang positif
Ruang lingkup mata pelajaran Pendiidikan Jasmani, Olahraga dan  Kesehatan untuk jenjang MTs. Cisarua Girang Kecamatan Sukabumi Kabupaten Sukabumi adalah sebagai berikut:
1.        Permainan dan olahraga meliputi: olahraga tradisional, permainan. eksplorasi gerak, keterampilan lokomotor non-lokomotor,dan manipulatif, atletik, kasti, rounders, kippers, sepak bola, bola basket, bola voli, tenis meja, tenis lapangan, bulu tangkis, dan beladiri, serta aktivitas lainnya
2.        Aktivitas pengembangan meliputi: mekanika sikap tubuh, komponen kebugaran jasmani, dan bentuk postur tubuh serta aktivitas lainnya
3.        Aktivitas senam meliputi: ketangkasan sederhana, ketangkasan tanpa alat, ketangkasan dengan alat, dan senam lantai, serta aktivitas lainnya
4.        Aktivitas ritmik meliputi: gerak bebas, senam pagi, SKJ, dan senam aerobic serta aktivitas lainnya

k.      TIK
Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di MTs. Cisarua Girang Kecamatan Sukabumi Kabupaten Sukabumi bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
1.        Memahami teknologi informasi dan komunikasi
2.        Mengembangkan keterampilan untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi
3.        Mengembangkan sikap kritis, kreatif, apresiatif dan mandiri dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
4.        Menghargai karya cipta di bidang teknologi informasi dan komunikasi.
Ruang lingkup mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1.        Perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan untuk mengumpulkan, menyimpan, memanipulasi, dan menyajikan informasi
2.        Penggunaan alat bantu untuk memproses dan memindah data dari satu perangkat ke perangkat lainnya

2.    KOMPONEN MUATAN LOKAL
Pengembangan muatan lokal di  MTs. Cisarua Girang Kecamatan Sukabumi Kabupaten Sukabumi didasarkan pada kebijakan Gubernur Jawa Barat, kebijakan KaKemenag Kabupaten Sukabumi, hasil rapat internal Komite Madrasah, serta hasil rapat Dewan Guru MTs. Cisarua Girang Kecamatan Sukabumi Kabupaten Sukabumi. Atas dasar beberapa aturan tersebut muatan lokal yang  dikembangkan di  MTs. Cisarua Girang Kecamatan Sukabumi Kabupaten Sukabumi terdiri atas mata pelajaran sebagai berikut:

a.         Bahasa Sunda
Mata pelajaran ini di MTs. Cisarua Girang Kecamatan Sukabumi Kabupaten Sukabumi bertujuan untuk mengembangkan apresiasi terhadap bahasa dan budaya Sunda , mengenalkan identitas masyarakat Sunda dan menampilkan kecintaan pada bahasa dan budaya Sunda. ruang lingkup pelajaran ini adalah kemampuan berkomunikasi yang meliputi mendengarkan, berbicara, membaca, menulis dan kemampuan menulis dengan menggunakan Hurup (Aksara Sunda)

b.        BTQ/Khat
Mata pelajaran ini di MTs. Cisarua Girang Kecamatan Sukabumi Kabupaten Sukabumi bertujuan untuk mengenalkan siswa akan tata cara membaca Al-qur’an beserta penulisanya berbentuk khat

3.    KOMPONEN PENGEMBANGAN DIRI
Pengembangan diri adalah kegiatan yang bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan diri dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat peserta didik sesuai dengan kondisi madrasah. Bentuk kegiatan pengembangan diri pada . MTs. Cisarua Girang Kecamatan Sukabumi Kabupaten Sukabumi adalah berupa :
a.         Shalat Dhuhur Berjama’ah, bertujuan untuk mengenalkan ibadah shalat dan menenamkan kecintaan untuk menjaga shalat  fardlu. ruang lingkupnya adalah pembiasaan shalat Dhuhur secara berjama’ah.
b.         Tadarus Al Qur’an, bertujuan untuk menenamkan rasa cinta terhadap Al Qur’an dan membiasakan siswa untuk senantiasa membaca Al Qur’an. ruang lingkupnya adalah membaca Al Qur’an setiap hari.
c.         Tahfidz Qur’an bertujuan selain menanamkan rasa cinta terhadap Al-Qur’an juga menggali dan mengkaji Al-Qur’an lebih dalam lagi
d.        Layanan Bimbingan dan Konseling, bertujuan untuk memberikan layanan Bimbingan dan Konseling kepada peserta didik di lingkungan madrasah. Ruang lingkupnya meliputi:
-    Layanan orientasi pengenalan lingkungan madrasah.
-    Layanan bimbingan belajar.
-    layanan konseling kesulitan belajar dan masalah pribadi siswa.
e.         Kepramukaan, bertujuan untuk melatih siswa agar disiplin, terampil, mandiri, peduli terhadap orang lain serta percaya diri. Ruang lingkupnya adalah
-    Ketrampilan personal.
-    Ketrampilan sosial.
-    Ketrampilan vokasional sederhana.


D.    BEBAN BELAJAR
Penyelenggaraan pendidikan di MTs. Cisarua Girang Kecamatan Sukabumi Kabupaten Sukabumi dilaksanakan dengan menggunakan sistem paket, yaitu sistem penyelenggaraan pendidikan dimana peserta didik  diwajibkan mengikuti seluruh program pembelajaran dan beban belajar yang sudah ditetapkan untuk setiap kelas sesuai dengan struktur kurikulum yang berlaku.
Setiap mata pelajaran pada sistem paket dinyatakan dalam bentuk satuan jam pembelajaran yang meliputi kegiatan tatap muka, penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri yang tidak terstruktur. Penugasan terstruktur adalah kegiatan pembelajaran yang berupa pendalaman materi pembelajaran oleh peserta didik yang dirancang oleh pendidik untuk mencapai standar kompetensi. Bentuk penugasan terstruktur adalah berupa pemberian tugas individu, pemberian tugas kelompok, melakukan riset sederhana ( percobaan ) dan lain – lain.  Kegiatan mandiri tidak terstruktur adalah kegiatan pembelajaran yang berupa pendalaman materi pembelajaran oleh peserta didik yang dirancang oleh pendidikuntuk mencapai standar kompetensi. Bentuk kegiatan mandiri tidak terstruktur berupa pemberian pekerjaan rumah (PR), tugas kegiatan tadarus di rumah, melaksanakan shalat berjama’ah di masjid sekitar rumah,mengamati prinsip kerja pengetahuan alam dan atau pengetahuan sosial dalam kehidupan sehari – hari.
Kegiatan penugasan terstruktur dan kegiatan penugasan mandiri tidak terstruktur tertuang dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang dibuat oleh guru. Alokasi waktu untuk penugasan terstruktur dan kegiatan penugasan mandiri tidak terstruktur dalam sistem paket di   MTs. Cisarua Girang Kecamatan Sukabumi Kabupaten Sukabumi 0 % s/d 50 % dari waktu kegiatan tatap muka mata pelajaran yang bersangkutan.